MEREALISASIKAN DAMPEN DECK DI SHADOWS OVER INNISTRAD

“Ini deck nggak ada obatnya!”

– Nuriz Zaman, Champion Aethernity Cup 2015

Kata-kata itu terlontar dari mulut Nuriz ketika dia memainkan deck G/W Werewolves-nya yang cukup well-tuned melawan deck Rise from the Tides-ku yang isinya cuma 5 Creature dan 18 Instant/Sorcery. Well, welcome to the Dampen world baby! Inilah dunia dimana semua aturan-aturan umum dalam draft tidak lagi berlaku! Inilah Shadows Over Innistrad! Oh how I love this format.

Hari Jumat (8/4) lalu adalah Release Party untuk Shadows Over Innistrad dan Two Stompas mengadakan Draft Party seperti biasanya. Berhubung ini merupakan hari pertama rilis set baru, tidak heran kalau pengunjung yang datang sangat banyak. Mereka semua sangat tidak sabar untuk mencoba draft format baru setelah bosan dengan Oath of Gatewatch yang isinya cuma board-stall dimana-mana (well, it’s actually my over-generalized sentiment, lol).

Aku sendiri tentunya tidak sabar untuk membuat deck Fleeting Memories yang juga kutulis di website ini beberapa hari lalu. Apalagi setelah Ari Lax mengatakan di artikelnya bahwa Fleeting Memories bukanlah Dampen Thought dan menganjurkan pembacanya untuk tidak mencoba membuat deck Fleeting Memories, aku jadi makin penasaran untuk membuktikan, emangnya iya?

Aku membuka Always Watching pada pick pertamaku dan langsung terpikir untuk membuat White Weenies. Tapi di pick kedua aku melihat Rise From the Tides dan langsung menggugurkan ide tadi. Aku pun mulai mengambil kartu-kartu junk seperti Jace’ Scrutiny dan Press for Answers. Aku bahkan mengambil Pieces of the Puzzle daripada Stormrider Spirit. Beruntung, aku juga mendapatkan Fiery Temper, Dance with Devils, dan dihadiahi bomb berupa Burn From Within.

Setelah draft selesai aku berakhir dengan list ini:

Creature  (5)

1 Stitched Mangler

1 Wild-Field Scarecrow

1 Mad Prophet

1 Sanguinary Mage

1 Insolent Neonate

Land (17)

9 Island

8 Mountain

Spell (18)

2 Rise from the Tides

3 Press for Answers

2 Jace’ Scrutiny

2 Pieces of the Puzzle

1 Deny Existence

1 Just the Wind

1 Gone Missing

1 Dance with Devils

2 Fiery Temper

1 Burn from Within

1 Reduce to Ashes

1 Tormenting Voice

Waktu awal-awal menyusun deck ini, jujur saja aku sangat ngga yakin. ‘Gimana caranya ngelawan aggro?’ Pikirku. Namun setelah dimainkan, ternyata aggro sama sekali bukan masalah. Antara Jace’s Scrutiny, Press for Answers, Deny Existence, Fiery Tempers, dan beberapa blocker, kita punya terlalu banyak kartu untuk menahan agresi di early game. Dance with Devils sungguh fantastis. Dance with Devils memberikan creature untuk kita bertahan yang bisa trade dengan dua early game creature at instant speed! Dan karena dia adalah instant, maka dia juga menambah jumlah zombie yang bisa dibangkitkan oleh Rise from the Tides.

Memasuki mid-game, kartu-kartu yang kusebut di atas masih relevan dan kita juga memiliki beberapa removal yang cocok untuk creature mid-game, seperti Just the Wind, Gone Missing, Reduce to Ashes, dan Burn from Within. Dengan bantuan mereka, kita bisa memasuki late game dimana kita akan memainkan Rise from the Tides untuk membangkitkan 5+ Zombie (dalam dua game, aku sempat membuat 13 zombie!). Kalau kamu belum memilikinya, maka Pieces of the Puzzle dan Tormenting Voice akan membantumu.

Sedikit catatan untuk Pieces of the Puzzle, kartu ini sangat powerful, tidak perlu diragukan. Dengan 18 Instant/Sorcery, mendapatkan 2 kartu dari Pieces tidak akan sulit. Selain itu, 3 kartu lainnya yang kamu reveal akan dibuang ke graveyard, menambah jumlah zombie yang bisa dibangkitkan oleh Rise from the Tides. Akan tetapi, kartu ini sebaiknya tidak di-cast di turn 3 kalau kamu tidak punya land lagi di tangan. Deck ini membutuhkan setidaknya 6 mana untuk bisa menang dan Pieces of the Puzzle tidak dapat membantumu untuk mencari land. Kalau kamu membuang 3 land dari top deck-mu karena meng-cast Pieces of the Puzzle di turn 3, kamu bisa mengalami masalah.

Aku memenangkan pod draft-ku dengan deck Rise from the Tides ini dengan sangat dominan. Tidak ada deck yang bisa melewati rentetan kartu removal dan stalling yang dimiliki deck ini untuk menghabiskan life point-ku sebelum Rise from the Tides di-cast. Tidak ada juga deck yang bisa bertahan dari gempuran 10 Zombie setelah Rise from the Tides di-cast. Rasanya benar-benar seperti memainkan deck constructed melawan deck draft, so unfair. Ke depannya nanti, kalau archetype ini menjadi top tier, kartu-kartu seperti Invasive Surgery dan Biting Rain akan menjadi cukup menarik untuk diambil.

Kalau kamu ingin membuat deck Rise from the Tides, merah menurutku adalah kombinasi warna yang paling tepat karena memiliki banyak removal di slot common yang berguna untuk menghadapi early aggression dan juga Tormenting Voice. Voice is awesome in this deck. Berikut adalah kartu-kartu yang wajib kamu draft:

 1-2 Rise from the Tides

 2-3 Pieces of the Puzzle/Tormenting Voice

 2-4 Press for Answers

 2-4 Jace’ Scrutiny

 1-2 Just the Wind

 3-5 Creature yang bagus untuk jadi blocker

 1-2 Looter

 Removal sebanyak-banyaknya

Oke, cerita soal Rise from the Tides tadi memang menarik, tapi bagaimana dengan Fleeting Memories? Jangan khawatir, kawan, karena pod keduaku menghadiahiku dengan deck Fleeting Memories yang cukup kompetitif:

Creature  (11)

1 Rattlechain

2 Nihilis of Dusk

1 Furtive Homunculus

1 Erdwal Illuminator

1 Stitched Mangler

2 Aberrant Researcher//Perfected Form

1 Silent Observer

1 Pack Guardian

1 Byway Courier

Land (16)

10 Island

5 Forest

1 Woodland Stream

Spell (6)

1 Press for Answers

2 Gone Missing

1 Jace’ Scrutiny

1 Pore Over the Pages

1 Traverse the Ulvenwald

Enchantment (7)

1 Fleeting Memories

2 Ongoing Investigation

2 Sleep Paralysis

2 Vessel of Nascency

Satu hal yang perlu diketahui tentang Fleeting Memories adalah enchantment ini benar-benar tidak melakukan apa-apa sendirian. Mill 3 kartu dan draw 1, itu yang terbaik yang bisa dilakukan olehnya. Maka dari itu kamu harus memiliki clue producer yang cukup banyak supaya Fleeting Memories bisa terus diaktifkan. Permasalahannya, kartu-kartu pembuat Clue seperti Byway Courier, Thraben Inspector, Drownyard Explorer dan Confront the Unknown juga diinginkan oleh deck-deck lain pada umumnya, sehingga kamu tidak bisa berharap banyak untuk mendapatkan cukup kartu-kartu seperti itu.

Di sinilah peran Ongoing Investigation menjadi sangat penting, karena dia bisa mengubah semua creature-mu menjadi Clue-maker dan memberikan beberapa life point untuk meng-crack semua Clue tersebut. Dengan adanya Ongoing Investigation, kamu pun akan mendapat insentif lebih untuk men-draft creature dengan evasion, secara mereka bisa men-trigger efek pertama Ongoing Investigation yang menghasilkan Clue ketika creature-mu memberi damage ke lawan.

Sama seperti deck Rise from the Tides, aku juga awalnya tidak begitu yakin untuk memainkan deck ini, tetapi setelah dimainkan deck ini juga terasa cukup kompetitif walaupun tidak sedominan Rise Deck. Permasalahan utama dari deck ini adalah dia butuh waktu terlalu lama untuk memenangkan game. Antara mencari Fleeting Memories, menghasilkan Clue, dan memecahkannya, kamu harus men-stall permainan selama mungkin untuk mendapatkan waktu yang cukup untuk melakukan ketiganya. Jangan lupa juga dengan magic number 8 dan 9. Kamu harus memecahkan 8-9 Clue untuk menghabiskan deck lawan.

Masalahnya, kamu tidak bisa men-draft terlalu banyak removal di deck ini karena kamu butuh cukup banyak creature untuk men-trigger Ongoing Investigations. Hal yang sama juga berlaku kalau kamu menggunakan Ulvenwald Mysteries. Slot removal-mu pun juga harus diambil oleh enchantment-enchantment-mu dan juga kartu yang mencari enchantment tersebut, seperti Vessel of Nascency. Sayangnya Vessel tidak bisa meng-enable Fleeting Memories seperti halnya Pieces of the Puzzle meng-enable Rise from the Tides. Tanpa banyak removal, kamu akan kesulitan menghadapi mid-game creature dan terpaksa melakukan chump block dengan creature-creature mu.

Dalam satu permainan, aku sempat terpojok sampai hanya memiliki 1 life (itu pun setelah gain 10 life lebih) dan tanpa board presence (semuanya sudah habis untuk men-chump. Beruntung aku sudah memiliki lima Clue di board dan 10 mana untuk meng-crack semuanya dan memakan habis deck lawanku yang hanya tersisa 14. Hal inilah yang membuatku kurang menyukai deck ini karena butuh waktu yang terlalu lama untuk bisa menang. Dalam selingan waktu tersebut, lawan bisa men-draw cukup banyak threat untuk menghabisiku. Terlalu banyak variance yang dapat tercipta dengan semakin banyak kartu yang di-draw lawan dan aku merasa bahwa kemarin aku masih beruntung berada pada the right end of variance.

Tapi kalau kamu tetap ingin membuat deck Fleeting Memories, hijau adalah kombinasi warna yang paling tepat karena memberikan Ongoing Investigations, Ulvenwald Mysteries, dan Graf Mole. berikut adalah kartu-kartu yang wajib kamu draft:

 1-2 Fleeting Memories

 1-2 Ongoing Investigation/Ulvenwald Memories

 2-3 Vessel of Nascency

 10-14 Creature (evasive atau clue-maker)

 Removal sebanyak-banyaknya.

Sejarah yang Berulang

Aku tidak pernah memainkan the original Innistrad, tapi aku sering mendengarnya sebagai salah satu draft format terbaik. Di Innistrad, katanya kamu bisa memainkan strategi paling aneh sekalipun, menyusun deck dari kartu-kartu yang umumnya tidak playable dalam draft, dan menjuarai pod draft-mu (khususnya deck Spider Spawning, very delightful to watch). Aku senang karena Wizard berhasil menciptakan ulang format tersebut melalui Shadows Over Innistrad.

Rise from the Tides dan Fleeting Memories adalah ciri khas dari deck draft modern dimana kamu bukan lagi men-draft kartu berdasarkan kualitas individualnya, melainkan berdasarkan peran dan kemampuannya bersinergi dalam archetype yang kamu konstruksi. Jace’ Scrutiny dan Press for Answers bukanlah kartu yang bagus. Dia tidak memberi tempo ataupun card advantage, melainkan hanya memberi waktu. Namun ketika berada dalam kerangka deck Rise from the Tides, kartu-kartu tadi berperan penting untuk men-stall permainan sampai kamu bisa meng-cast Rise from the Tides yang sangat besar untuk memenangkan game.

Aku sangat suka ketika draft format mengizinkanku untuk membuat deck-deck unik seperti ini dan itulah sebabnya I love Shadows Over Innistrad. Sampai nanti, semoga kamu selamat dari Zombie Apocalypse.

15 April 2016|Author: Gema Bastari