MENEMBUS LOGIKA: MEMBUAT DECK BEHOLD THE BEYOND

Combo adalah archetype paling menarik dalam Magic the Gathering karena mampu menunjukkan bahwa kartu-kartu yang sepintas terlihat junk dapat menjadi all-star jika ditempatkan bersama kartu-kartu junk lainnya yang memiliki sinergi satu sama lain. Combo juga merupakan archetype yang paling dibenci karena menolak adanya interaksi dan bersikap seolah-olah ini adalah permainan Solitaire. Karena alasan yang kedua itulah, Wizard biasanya ogah-ogahan merilis kartu yang bisa di-abuse untuk combo deck di Standard.

Tapi tampaknya ada aktifitas mencurigakan yang mulai terjadi di Innistrad. Kegelapan yang biasa bersembunyi mulai menampakkan dirinya walau masih dalam bentuk bayang-bayang. Di balik kegelapan tersebut tersimpan sebuah kekuatan Mahabesar yang tidak dapat didefinisikan dengan kata-kata. Apakah itu? Behold the Beyond!

Oke, terlepas dari pengenalan yang lebay tadi, Behold the Beyond adalah kartu yang … ‘memiliki potensi’. Aku tidak akan bilang kartu yang hebat, tapi tutor-effect memiliki sejarah panjang menjadi enabler dari sebuah deck combo. Mulai dari Demonic Tutor, Infernal Tutor, sampai Dark Petition yang baru dirilis di Magic Origins, semuanya berhasil menjadi bagian dari deck combo di eternal format karena kemampuan mereka untuk mencari potongan-potongan puzzle yang dibutuhkan sebuah deck combo untuk menang.

Behold the Beyond adalah tutor-effect yang bukan hanya mencari satu kartu tapi langsung tiga! Ini berarti bahwa kalau ada 2-3 kartu yang bisa dikombinasikan di Standard, maka Behold the Beyond bisa dipastikan akan menjadi enabler dari combo tersebut. Sayangnya, Behold the Beyond memiliki drawback yang sangat-sangat besar yaitu kamu harus men-discard semua kartu di tanganmu ketika memainkannya dan manacost-nya itu, bener-bener terlalu mahal.

Spell dengan cost tujuh mana harus memiliki efek yang game-breaking untuk punya kesempatan masuk ke deck kompetitif. Pertanyaannya, apa Behold the Beyond memiliki efek semacam itu? Untuk menjawab pertanyaan ini, aku akan menengok ke kartu hitam lain yang juga dirilis di Shadows Over Innistrad.

Ini dia pasangan yang cocok dengan Behold the Beyond. Ever After bisa dibilang menghapus drawback Behold the Beyond yang mengharuskan player men-discard tangannya ketika di-cast karena kartu-kartu tersebut akan dihidupkan lagi oleh Ever After yang akan dimainkan setelahnya. Bayangkan kalau kamu men-discard Dragonlord Atarka dan Kolaghan lalu mencari tiga Ever After dari deck-mu.

Lawan harus memiliki tiga counterspell atau cukup removal untuk selamat dari tiga gelombang serangan naga yang mengamuk. Dan kalaupun iya lawanmu bisa melewati tiga gelombang itu, Ever After akan masuk kembali ke deck dan bisa di-tutor lagi oleh Behold the Beyond lainnya. Inevitability at its best.

Dengan kemampuan menciptakan inevitability seperti di atas, aku bisa bilang Behold the Beyond cukup berharga untuk dibayar dengan tujuh mana. Tapi tentu saja, kita butuh setup untuk bisa menciptakan kondisi seperti itu. Untuk mendukung master plan kita, yaitu membuang dua Dragonlord ke kuburan dan menghidupkannya kembali dengan Ever After, kita perlu mengisi deck dengan kartu-kartu self mill dan card filtering. Kemudian kita juga perlu memasukkan beberapa removal untuk bertahan dan disruption untuk melindungi combo. Draft pertama deck-nya akan terlihat seperti ini:

Creature  (15)

4 Jace, Vryn’s Prodigy

1 Reckless Scholar

4 Mindwrack Demon

3 Dragonlord Atarka

3 Dragonlord Kolaghan

Spell (15)

3 Behold the Beyond

4 Ever After

4 Just the Wind

2 Grasp of Darkness

2 Murderous Compulsion

Enchantment (6)

4 Oath of Jace

3 Dead Weight

Land (24)

6 Island

7 Swamp

4 Choked Estuary

4 Sunken Hollow

2 Evolving Wilds

1 Drownyard Temple

Oke, kita punya deck reanimator di sini. Deck ini akan bermain seperti deck Control di early game dengan me-remove semua early sampai mid-threat lawan menggunakan Dead Weight, Grasp of Darkness, Murderous Compulsion, dan Just the Wind. Jace dan Oath-nya akan berguna untuk mem-filter kartu di tangan kita ketika sedang tidak ada threat yang harus diurus. Pastikan untuk men-discard Dragonlord dari tanganmu.

Memasuki mid-game, Mindwrack Demon adalah kartu yang paling tepat untuk mengantarkan kita menuju late game dimana kita akan memiliki stok Ever After yang tidak terbatas. Selain memiliki kemungkinan untuk mengubur Dragonlord Atarka dan Kolaghan, stat-nya yang 4/5 dengan Flying bisa menahan serangan dari kebanyakan mid-game creature di format ini, termasuk Archangel Avacyn.

Sisanya tinggal berusaha mencapai 7 mana, pastikan kedua Dragonlord sudah ada di graveyard atau di tangan, lalu cast Behold the Beyond untuk mencari tiga Ever After dan tugasmu selesai. Atarka akan menyapu board lawan dan Kolaghan memberi haste pada Atarka akan memberikan cukup damage untuk membunuh lawanmu dalam dua turn.

Welp, Atarka dan Kolaghan benar-benar pasangan yang serasi.

To Infinity and Beyond

Behold the Beyond menjanjikan kekuatan yang luar biasa di balik segala drawback untuk memainkannya. Memiliki kekuatan tidak terbatas untuk menghidupkan Atarka dan Kolaghan jelas bukan bahan candaan. Tapi tentu saja memasukkan Kolaghan dan Atarka dalam deck Blue-Black yang tidak bisa meng-cast mereka juga berisiko. Ada kalanya kamu bisa menarik 2 Atarka dan 2 Kolaghan tanpa looter dan kamu akan merasa kamu sedang memainkan deck paling sampah sedunia. Itulah sebabnya aku menambahkan Reckless Scholar sebagai ‘Jace’ ke-5 untuk memastikan kita selalu memiliki looter di early game.

Selain menghidupkan Dragonlord, kita juga bisa menghidupkan trio infinite combo di Standard:

Sangat menarik karena kamu bisa meng-cast Behold the Beyond di turn 7, cari Ever After dan Zulaport lalu kamu bisa untap, play land, cast Ever After untuk menghidupkan Brood Monitor dan Displacer lalu play Zulaport dari tanganmu dan menang.1 Tentu saja combo ini sangat riskan terhadap spot removal dan tiga kartu relatif lebih banyak daripada dua. Namun keuntungannya kamu bisa bermain Green dan mendapatkan Traverse the Ulvenwald, tutor tambahan yang bisa membuat combo-mu lebih konsisten.

Dengan bermain Green, kita juga bisa memainkan ramp spell supaya Behold the Beyond dapat di-cast di turn 4. Bayangkan turn 2 Deathcap Cultivator, turn 3 Explosive Vegetation, turn 4 Behold the Beyond men-discard Brood Monitor dan Eldrazi Displacer lalu mencari Ever After dan Zulaport, turn 5 win. Wow, Magical Christmas Land memang selalu indah.

Behold the Beyond adalah mainan yang sangat menyenangkan untuk penyuka deck combo karena membuka banyak kemungkinan. Tulisan ini baru membahas interaksi antara Behold the Beyond dengan Ever After. Aku yakin masih ada cukup banyak kombinasi gila yang dapat dihasilkan melalui Behold the Beyond, apalagi dengan semakin banyak set yang dirilis di format Standard.

8 APRIL 2016|Author: Gema Bastari

*Ketiga Scions yang dihasilkan Brood Monitor dapat di-sac untuk mengaktifkan activated ability Eldrazi Displacer mem-blink Brood Monitor. Brood pun kembali masuk ke battlefield dan menghasilkan tiga token. Hal ini akan menciptakan infinite enter the battlefield dan death trigger. Jika Zulaport Cutthroat ada di board-mu, maka kamu bisa menyedot semua life lawanmu sampai habis dengan infinite death trigger.