MENCARI DAMPEN DECK DI SHADOWS OVER INNISTRAD

Ada masanya dimana hidup mengikuti apa yang diharapkan masyarakat itu menyenangkan. Ambil bomb, removal, flyer, dan sekumpulan creature dengan manacost rendah. Kamupun melihat mana curve deck-mu yang begitu indah dan kamu merasa bahwa semuanya sudah sempurna. Tapi kemudian kamu berhadapan dengan Tyler Durden yang memainkan 10 creature 1/1, beberapa bear, dan token-maker kemahalan lalu menembakmu sampai mati dengan Harsh Sustenance X=8.

Rasanya seperti tertabrak truk. “Apa benar aku baru saja mati oleh kartu-kartu yang biasanya baru akan kuambil di pick ke-13?”

Selamat datang di dunia Dampen Deck, dimana sampah bagi seseorang dapat menjadi harta tak ternilai bagi orang lain. Inilah dunia dimana kita dapat mengatakan, “Persetan dengan BREAD, persetan dengan pick order, kita akan memainkan Returned Centaur, Alchemist Vial, Dreadwaters, dan Sphinx Tutelage!”

Tulisan ini akan menjelaskan tentang strategi draft unik yang menentang semua pakem utama yang dipahami dalam draft. Setelah itu, tulisan ini akan mencoba mendiskusikan kemungkinan untuk membuat Dampen Deck di Shadows Over Innistrad (SOI).

Membuka Pikiran yang Mampat

Istilah Dampen Deck berasal dari sebuah kartu dari set Champions of Kamigawa bernama Dampen Thought yang, dilihat dari sudut mana pun, membisikkan fakta bahwa dia merupakan kartu sampah. Pemain Magic sudah terbiasa menghadapi hal ini. Mereka tahu bahwa di setiap set akan ada kartu-kartu yang sepertinya bagus tapi sebenarnya sampah. Gunanya adalah untuk menjebak pemain baru sekaligus melatih kemampuan mereka dalam mengevaluasi kartu.

Dampen Thought mungkin bisa menggerogoti (milling) deck lawan secara terus-menerus selama ada arcane spell yang cukup, tapi orang-orang menganggap bahwa hal tersebut sama sekali tidak realistis. Dampen Thought pun tersingkir, menjadi sekedar kartu yang terpaksa diambil karena memang harus diambil.

Semua ini pun berubah ketika beberapa drafter di London mendiskusikan sesulit apa sih membunuh seseorang dengan Dampen Thought? Berapa kali Dampen Thought harus di-cast supaya lawan kehabisan deck? Enam sampai tujuh kali dianggap sebagai angka yang tepat. Lalu apakah hal itu realistis? Bagaimana kita mempertahankan diri sampai bisa meng-cast Dampen Thought untuk ketujuh kalinya? Mereka menemukan bahwa Kamigawa punya banyak fog (kartu yang bisa menetralisir combat damage) untuk mengulur waktu.

Dengan menyadari adanya potensi deck Dampen Thought, orang-orang mulai mengambil Arcane Spell yang fungsinya cuma untuk draw, filtering, tapping, prevent damage, tutor, dan efek-efek lainnya yang umumnya tidak bernilai dalam draft. Di pick ke-13 atau 14, mereka akan menemukan Dampen Thought yang tidak diinginkan oleh siapa pun dan voila, jadilah deck draft tanpa creature yang winning condition-nya cuma 2-mana instant. Siapa yang mengira bahwa strategi seperti itu bisa sukses?

Kenyataannya strategi ini benar-benar sukses. Orang-orang yang membawa deck draft terbaiknya dengan mana curve sempurna dan bomb yang super jago dibuat terbata-bata ketika mereka dihadapkan pada Reach Through Mists (cantrip), Peer Through Depths (cantrip), Ethereal Haze (fog), Candle’s Glow (life gain), Consuming Vortex (bounce), dan Psychic Puppetry (tapper). Dan ketika lawan mereka men-splice Dampen Thought untuk ketujuh kalinya, mereka tersadar bahwa deck ini ngga bo’ongan.

Melihat kesuksesan deck Dampen Thought dalam format Kamigawa membuat orang-orang sadar bahwa strategi draft tidak hanya terbatas pada memilih kartu-kartu yang dianggap bagus dan membaca sinyal. Ada kalanya dimana kita bisa mengambil kartu-kartu yang dianggap sampah lalu membalikkannya menjadi bernilai berkat adanya satu kartu yang mengikat mereka semua dalam sinergi yang harmonis. Satu kartu itu bisa jadi Dampen Thought, Invisible Stalker, Burning Vengeance, Spider Spawning, Harsh Sustenance, Sphinx Tutelage, dll.

Innistrad dan Dampen Deck

Dalam kalimat terakhir di bagian sebelumnya aku menyebutkan tiga kartu sejenis Dampen Thought yang berasal dari set Innistrad pertama: Invisible Stalker, Burning Vengeance, dan Spider Spawning. Hal ini tidak aneh karena draft format Innistrad memang dikenal sebagai format dimana semua strategi draft paling aneh yang dapat dipikirkan menjadi mungkin.

Invisible Stalker melahirkan deck equipment/aura yang playstyle-nya menyerupai Bogles di Modern; Burning Vengeance melahirkan deck control yang mengulur waktu dengan removal-removal efisien dan membakar habis lawan dengan mem-flashback semua removal itu kembali; Spider Spawning melahirkan deck self-mill yang membanjiri board dengan 1/2 Spider Token yang terkadang bisa mendapat banyak sekali life point dengan Gnaw to the Bone. Spider Spawning-nya sendiri bahkan bisa dibuat infinite dengan Memory’s Journey dan Runic Repetition.

Semua deck di atas tidak serta-merta langsung ditemukan di minggu awal rilis Innistrad. Sama seperti Dampen Thought, kartu-kartu di atas sama sekali tidak tersentuh di minggu-minggu awal sampai beberapa drafter merasa bahwa, hey, mengisi deck-ku cuma dengan Burning Vengeance dan flashback removal sepertinya bukan ide yang buruk. Dapat dikatakan bahwa set Innistrad pertama benar-benar penuh dengan berbagai jenis Dampen deck.

Pertanyaannya, apakah Shadows Over Innistrad akan mengikuti jejak yang sama dengan the original Innistrad?

Sekelebat Memori yang Hilang

Perkenalkan, Fleeting Memories, salah satu kartu yang memiliki potensi untuk melahirkan Dampen Deck di Shadows Over Innistrad. Aku bilang berpotensi karena ada banyak faktor-faktor yang menghalanginya untuk menjadi salah satu pemain di draft format SOI tapi itu akan kita bahas belakangan. Sekarang mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana membuat deck Fleeting Memories.

Sebelumnya coba kita lihat teks dari Fleeting Memories terlebih dahulu:

2U

Enchantment (Uncommon)

When Fleeting Memories enters the battlefield, investigate.

Whenever you sacrifice a clue, target player puts the top three cards of his or her library into his or her graveyard

Fleeting Memories memiliki kemiripan dengan Dampen Thought dan Sphinx Tutelage dimana mereka semua sama-sama kartu yang membunuh lawan dengan cara menggerogoti deck-nya secara perlahan-lahan sampai habis. Syaratnya adalah memiliki cukup Clue Token untuk di-sacrifice dan memiliki banyak blocker atau spell untuk mengulur waktu sampai kita bisa memecahkan semua Clue yang ada.

Berapa banyak Clue yang harus dipecahkan supaya Fleeting Memories bisa membunuh lawan? Deck draft umumnya berjumlah 40 kartu dan setiap pemain akan memulai dengan menarik 7 kartu dari deck-nya. Kemudian lawan akan menarik satu kartu setiap turn, sehingga pada turn 8 ke atas lawanmu hanya tinggal memiliki 24-25 kartu di deck-nya. Hal ini berarti bahwa kita perlu memecahkan 8-9 Clue untuk bisa membunuh lawan. Fleeting Memories sendiri memberikan satu Clue begitu dia dimainkan, jadi kita tinggal perlu menghasilkan 7-8 Clue lagi.

Selanjutnya berapa banyak kartu-kartu yang bisa menghasilkan Clue (atau investigate) di SOI? Hasil riset sederhana dari Gatherer menemukan bahwa terdapat 25 kartu dengan mechanic Investigate di SOI, tersebar di warna Biru, Hijau, dan Putih. Ke-25 kartu tersebut dapat dibagi menjadi lima kategori berdasarkan cara mereka menghasilkan Clue Token:

1. Enter the Battlefield/On Play Effect

Kartu-kartu ini menghasilkan Clue Token ketika dimainkan atau ketika masuk ke battlefield.

2. Death Trigger

Kartu-kartu ini menghasilkan Clue Token ketika ada creature yang mati

3. Damage Triger

Kartu-kartu ini menghasilkan Clue Token ketika ada creature yang memberi damage ke creature atau player

4. Action Trigger

Kartu-kartu ini menghasilkan Clue Token ketika kamu melakukan sesuatu yang spesifik

5. Over Time

Kartu-kartu ini menghasilkan Clue Token seiring waktu dengan atau tanpa menggunakan mana

Memori Selektif

Mengingat nature dari strategi semacam ini adalah bertahan sambil menghasilkan Clue Token dan memecahkannya untuk men-trigger Fleeting Memories, maka kita akan lebih mem-prefer Creature dengan enter the battlefield (etb) effect atau death trigger yang menghasilkan Clue Token. Creature penting karena kita butuh blocker untuk mengulur waktu dan sebisa mungkin kita tidak ingin menyerang karena life total lebih penting ketika kita akan bermain lama, sehingga kartu dengan damage trigger menjadi kurang menarik di deck ini. Akan tetapi, Briarbridge Patrol sangat sempurna di deck ini karena dia bisa mem-block creature lalu menghasilkan Clue Token (secara esensial kemampuannya kurang lebih sama seperti death trigger).

Selain itu, spell-spell dengan efek minimalis, seperti Expose the Evil, Jace’s Scrutiny, dan Press for Answers dapat menjadi all-star di deck ini karena mereka memberikan kita cukup waktu dengan menahan serangan sekaligus memberikan Clue Tokens.

Dan karena ini adalah draft, maka kita tidak akan bisa berharap untuk mendapatkan rare seperti Bygone Bishop atau Tireless Tracker. Common dan Uncommon akan menjadi kerangka utama dari deck ini. Erdwal Illuminator bisa jadi merupakan Creature paling penting di deck ini. Dia memang tidak menghasilkan Clue Token sendiri, tapi selama dia ada di Battlefield maka setiap kartu Investigate-mu bisa menghasilkan dua Clue Token (walaupun cuma bisa sekali setiap turn). Selain itu, dia juga flyer dengan stats 1/3 yang dapat turun di turn kedua untuk memblock agresi lawan.

Untuk creature-base, Drownyard Explorers, Thraben Inspector, dan Byway Courier adalah yang terbaik karena mereka memiliki body yang bagus untuk menjadi blocker dan bisa menghasilkan Clue Token sambil bertahan. Untuk spell-base, kita akan mengambil Expose Evil, Press for Answers, dan Jace’s Scrutiny sebanyak-banyaknya. Kalau kamu bisa mendapat Gone Missing, maka bagus, tapi kemungkinan orang lain juga menginginkan kartu tersebut.

Ongoing Investigations kemungkinan adalah enchantment paling penting kedua di deck-mu setelah Fleeting Memories. Kamu mungkin tidak akan sering-sering menggunakan ability pertamanya karena deck ini tidak begitu ingin menyerang (walaupun sekali-kali menyerang dengan Erdwal mungkin tidak masalah) tapi ability kedua akan luar biasa karena memungkinkanmu untuk mendapat 2 life tambahan sekaligus Clue Token.

Jangan lupakan juga kartu-kartu non-investigate yang bisa men-support deck ini. Blockers dengan toughness relatif besar semua bisa dimainkan di deck ini. Silent Observer adalah kandidat terbaik secara dia Flyer dengan stats 1/5 yang terkadang bisa menyerang dan menghasilkan Clue Token melalui Ongoing Investigations. Kartu-kartu life gain juga sesuai dengan deck ini karena memberikanmu waktu lebih banyak untuk membuat dan memecahkan Clue. Chaplain’s Blessing adalah kartu yang tidak akan diinginkan oleh siapapun tapi dia memberikanmu 5 life point dan melawan deck aggro 5 life bisa berarti satu turn tambahan. Dan dengan deck yang bisa men-draw setiap turn rasanya sekali dua kali card disadvantage untuk life gain tidak begitu masalah.

Lalu karena kamu membuat deck yang menang dengan menghabiskan deck lawan, maka tidak ada salahnya memainkan kartu-kartu dengan milling effect. Vessel of Paramnesia adalah kandidat yang tepat karena dia bisa membuang tiga top deck lawan dan menjadi cantrip. Manic Scribe adalah uncommon yang sangat sesuai dengan deck ini karena bisa melakukan milling secara terus-menerus ketika Delirium-mu aktif. Tentu saja kalau kamu mendapatkan Startled Awake itu sama saja dengan jackpot. Mill 13 kartu secara terus-menerus sudah cukup untuk memenangkan game sendirian.

Kembali soal Manic Scribe, kalau kamu mulai tertarik untuk mengaktifkan Delirium, Vessel of Nascency adalah sahabat baikmu yang bukan cuma bisa mengaktifkan Delirium, tapi juga membantu mencari Fleeting Memory-mu yang sangat penting. Lanjut lagi kalau kamu bisa mendapatkan banyak Vessel of Nascency dan memiliki rencana untuk mengisi Graveyard-mu, Rise from the Tides dapat menjadi winning condition alternatif, apalagi kalau deck-mu berisi banyak Jace’s Scrutiny dan Expose Evil.

Meretas Isi Memori

Oke, kita sudah tahu kartu-kartu apa yang akan dimasukkan dalam deck Fleeting Memories, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana komposisi deck-nya? Pertama mulai dari kombinasi warna. Aku kalau bisa ingin rakus dan memainkan Bant, tapi berarti aku harus memprioritaskan mana-fixing daripada kartu-kartu dengan investigate.

Weirder Wood dapat menjadi jalan tengah untuk masalah ini karena dia bisa mem-fix manabase sekaligus menghasilkan Clue Token. Tapi kalau tidak ada mana-fixing, aku akan lebih prefer memainkan Blue-Green daripada Blue White karena Ongoing Investigations adalah kartu payoff yang paling tepat untuk deck ini. Jangan lupa juga dengan kemungkinan mendapat Tireless Tracker di pack kedua atau ketiga.

Bicara soal komposisi deck, mengingat ini bukanlah deck draft normal, maka kita perlu mempertimbangkan untuk keluar dari pakem 16 creature, 7 spell, dan 17 land. Untuk komposisi land, 17-18 masih menjadi pilihan yang tepat karena kita masih memerlukan banyak mana di late game untuk memecahkan semua Clue Token yang kita buat. Tapi untuk komposisi creature dan spell, di sini kita harus lebih kreatif. Aku lebih tertarik dengan 9-10 creature dan 12-13 spell karena deck ini memiliki chance tinggi untuk mendapatkan Rise from the Tides yang merupakan kartu sampah di deck draft pada umumnya yang cuma punya 6-7 spell.

Jumlah kartu yang menghasilkan Clue Token harus di atas 14, idealnya 15-16. Deck Dampen Thought di Kamigawa membutuhkan 12-14 arcane spell untuk bisa beroperasi sementara. Mengingat Fleeting Memories me-mill satu kartu lebih sedikit daripada Dampen Thought per-aktivasi, maka kita jelas membutuhkan lebih banyak support. Sisanya, deck ini bisa diisi oleh removal dan card draw atau kartu-kartu lainnya yang bisa mengulur waktu.

Voila, sekarang kamu punya deck berisi kartu-kartu Junk yang membunuh lawanmu sembari men-draw. Ah, rasanya menyenangkan sekali. Tidak sabar untuk memainkannya. Tapi apakah deck ini benar-benar bagus dan bisa menang? Pertanyaan ini akan sulit dijawab sampai kita memainkannya dalam draft. Aku harap jawabannya iya karena kalau tidak Shadows Over Innistrad cuma akan menjadi another limited format.

Memori yang Terhambat

Untuk bagian terakhir, aku ingin membahas beberapa permasalahan yang berpotensi menghambat keberhasilan deck Fleeting Memories. Pertama, banyak kartu-kartu dalam deck Fleeting Memories yang juga diinginkan oleh deck lain. Spell seperti Jace’s Scrutiny dan Ongoing Investigations mungkin tidak, tapi deck Blue-White Spirits tentu juga tertarik memainkan creature seperti Thraben Inspector dan Drownyard Explorers. Hal ini jelas menjadi hambatan besar, mengingat salah satu faktor terpenting dari membuat Dampen Deck adalah memainkan kartu-kartu junk yang pasti akan kamu dapat walaupun orang di sebelahmu memainkan warna yang sama.

Kedua, SOI memiliki Delirium sehingga deck dengan milling sebagai winning condition-nya dapat berpotensi membuat kartu-kartu di deck lawan menjadi lebih jago daripada seharusnya. Walaupun kalau melihat list kartu-kartu Delirium tidak banyak juga yang benar-benar berbahaya, kecuali Reaper of Flight Moonsilver yang bisa tiba-tiba menjadi Flyer 9/6. Selain itu, kalau lawanmu memainkan deck Delirium, maka dia akan banyak memainkan kartu-kartu self-mill yang justru akan membantu rencanamu untuk menghabiskan deck-nya.

Terakhir, dan yang terpenting, SOI memiliki Hoser untuk strategi mill. Yaitu Epitaph Golem. Selama lawanmu memiliki kartu ini, maka deck-nya bisa dibilang tidak akan habis. Kalau kamu melihat kartu ini, maka Root Out adalah satu-satunya jawaban yang kamu punya jika deck-mu hanya memainkan Blue-Green. Untungnya dia Uncommon jadi kamu tidak akan sering-sering melihatnya.

07 April 2016 | Author by: Gema Bastari