SEALED BASIC

7 TIPS UNTUK PRE-RELEASE SHADOWS OVER INNISTRAD

Tidak terasa pre-release Shadows Over Innistrad (SOI) hanya tinggal menghitung hari. Full Spoiler SOI juga akan dirilis akhir pekan ini. Melihat kartu-kartu yang di-spoil sejauh ini, tentu tidak salah kalau berharap SOI akan menjadi format limited yang mengasyikkan. Aku sendiri rasanya tidak sabar dan berharap akan membuka Archangel Avacyn Foil di pool prerelease nanti. Well, semua orang boleh punya mimpi kan?

Anyway, membuka dan memegang kartu-kartu baru untuk pertama kalinya memang menyenangkan, tapi untungnya hal itu bukanlah satu-satunya yang ditawarkan pre-release. Dalam setiap pre-release akan diadakan Sealed Tournament dimana kamu diminta membuat deck dari enam booster yang kamu dapatkan dan mengadunya dengan deck Sealed milik orang lain. Membuat deck Sealed dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang, termasuk aku sendiri. Berbeda dengan Draft, dimana kamu bisa merekrut kartu satu per satu, di Sealed kamu langsung diberikan 90 kartu, dua kali lipat dari total draft pool, dan kamu diminta membuat deck berjumlah 40 kartu dari 90 kartu tersebut. Ketika pertama kali melakukannya, kepalaku rasanya ingin meledak.

Pengalaman pertamaku ikut pre-release adalah di Fate Reforged. Aku memilih seeded pack berlogo Temur dan dihadapkan pada pool tanpa bomb sama sekali. Banyak removal, banyak creature efisien, tapi tidak ada bomb. Sungguh mati aku tidak tahu bagaimana cara membuat deck yang bisa membantuku menang. Akhirnya aku membuat deck Mardu dengan mana curve ngaco dan hanya memenangkan satu dari empat pertandingan.

Untungnya aku banyak belajar soal bagaimana membuat Sealed deck setelah kejadian itu dan rekorku menjadi lebih baik di Pre-release Dragons of Tarkir dan Magic Origins. Hari ini, aku ingin membagi beberapa tips yang kupelajari untuk membuat deck Sealed yang baik dalam event Pre-release.

1. Sortir pool-mu sesuai warna

Hal pertama yang harus kamu lakukan begitu mendapatkan dan membuka keenam booster-mu adalah mensortir mereka sesuai warnanya masing-masing. Khusus untuk pre-release kamu masih bisa membuka booster-mu satu-satu dengan dramatic slow motion untuk melihat rare apa yang akan kamu dapat. Tapi untuk turnamen Sealed pada umumnya kamu tidak akan punya waktu untuk itu. Segera sortir pool yang kamu dapat setelah kamu membuka seluruh booster.Keuntungan dari mensortir warna, selain lebih enak dilihat mata, adalah kamu dapat lebih mudah untuk mengidentifikasi kombinasi warna terbaik untuk deck Sealed-mu.

2. Buang semua kartu sampah

90 kartu Magic dengan seabreg teks di masing-masing kartunya adalah informasi yang terlalu padat untuk dapat dicerna otak manusia pada umumnya. Proses ini akan jadi lebih mudah kalau kamu menyederhanakannya dengan menyingkirkan kartu-kartu yang sudah jelas tidak akan kamu mainkan. Hal ini tentunya bisa berbeda bagi setiap orang. Aku tahu beberapa orang yang akan memainkan sorcery 4 mana dengan teks ‘Destroy target land’ karena bagi mereka kartu itu cukup reasonable untuk dimainkan. Apapun itu, buang kartu-kartu yang bagimu tidak perlu dan kamu akan dapat menganalisa pool-mu dengan lebih mudah.

3. Identifikasi kekuatan pool-mu

Setiap pool dalam Sealed memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang banyak bomb, ada yang banyak removal, ada yang banyak mana-fixer, ada yang banyak creature efisien, ada pula yang memiliki semuanya secara seimbang. Perlu dicatat bahwa card advantage sangat relevan dalam Sealed karena tempo permainan yang cenderung lambat memberikanmu kesempatan untuk memainkan sorcery 3 mana dengan teks “Draw two cards.” Kamu harus bisa menilai bagian manakah yang paling kuat (focal point) dari pool-mu sehingga kamu dapat membuat deck dengan berlandaskan pada hal tersebut. Focal point akan menjadi semacam panduan untuk membuat deck terbaik yang dapat kamu buat dari pool-mu.

4. Tentukan archetype deck-mu

Berdasarkan focal point yang telah kamu identifikasi sebelumnya, sekarang kamu harus menentukan archetype apa yang akan kamu mainkan. Kalau pool-mu memiliki bomb yang super jago dan bisa memenangkan game sendirian, maka kamu harus mempertimbangkan untuk membuat deck control yang dapat mengulur waktu sampai bomb tersebut turun. Creature dengan stats 2/3 akan menjadi lebih penting daripada 3/2 karena lebih defensif. Removal juga akan jadi lebih penting karena itu akan memperlambat tempo permainan. Sebaliknya, kalau pool-mu dipenuhi oleh creature yang efisien, maka kamu harus mempertimbangkan untuk bermain agresif. Kamu bisa mengurangi jumlah removal dan menambah combat-trick supaya creature-mu bisa terus menyerang. Bisa dilihat bahwa archetype yang kamu pilih tidak hanya akan menentukan kartu yang akan masuk dalam deck-mu tapi juga playstyle-mu.

5. Tentukan Kombinasi Warna

Oke, setelah berhasil mengidentifikasi focal point dan archetype yang bisa kamu mainkan, saatnya menentukan kombinasi warna yang akan kamu mainkan. Lihat kembali tumpukan kartumu yang telah disortir dengan rapih dan hitung jumlah kartu yang dapat dimainkan (playable) dari masing-masing warna. Kalau sebuah warna memiliki setidaknya sepuluh playable, maka warna itu yang akan menjadi core deck. Untuk warna kedua, kamu bisa memilih warna dengan jumlah playable terbanyak kedua atau warna yang memiliki kartu-kartu untuk mendukung archetype yang kamu pilih. Jangan lupakan bomb atau removal hanya karena warnanya jauh dari kombinasi warna yang kamu pilih. Bomb dan removal itu sangat penting dalam Sealed, kamu harus berusaha untuk mencari cara men-splash mereka dalam deckmu. Mana-Fixer akan berperan penting dalam hal ini.

6. Jangan lupa mana curve

Walaupun Sealed umumnya memiliki tempo yang lebih lambat, kamu tetap bisa mati cepat kalau lawanmu curve-out dengan memainkan Heir of Falkenrath di turn 2 an Incorrigible Youth di turn 3 lalu kamu tidak memainkan apa-apa sampai turn 4. Mana-curve tetap penting, bahkan untuk deck control sekalipun, supaya kamu bisa menghadapi agresi awal lawanmu dengan blocker daripada removal. Akan tetapi, kamu tidak perlu sampai men-splash filler cuma supaya mana-curve mu bagus. Cukup Bomb dan Removal saja yang di-splash supaya manabase-mu lebih stabil.

7. Khusus untuk SOI, jangan remehkan Startled Awake

LSV dan Kai Budde menyatakan bahwa ini adalah kartu limited yang paling broken semenjak Umezawa’s Jitte dan Pack Rat dan mereka sama sekali tidak mengada-ada. Di format dimana semua deck tebalnya hanya 40 kartu, Startled Awake cukup di-cast dua kali untuk membunuh siapapun. Kamu bisa meng-cast Startled Awake di turn 4, mengembalikannya di turn 5, menyerang dan meng-cast ulang Startled Awake di turn 6. Kalau lawanmu memulai game dengan menarik 7 kartu dan terus menarik kartu di setiap turn-nya, maka dia hanya akan memiliki 27 kartu di deck-nya pada turn 6. Kalau kamu meng-cast Startled Awake di turn 4 dan 6, maka di turn 7 dia hanya akan memiliki satu kartu di deck-nya. Kalau kamu main duluan, maka lawanmu langsung koit. Broken? Absolutely.

24 Maret 2016|Author: Gema Bastari