DRAFT BASIC

A SLICE OF BREAD

Setelah kamu tahu kenapa kamu harus nge-draft, sekarang saatnya kamu tahu bagaimana cara nge-draft yang baik. Sekadar refreshing, Draft adalah salah satu Limited Format dalam Magic: The Gathering yang umumnya dimainkan oleh 8 orang. Setiap pemain diberikan tiga booster pack, membuka booster pack-nya, mengambil satu kartu di dalamnya, memberikan ke orang di sebelahnya, dan mengulangi proses tersebut sampai semua kartu di ketiga booster pack habis di-draft.

Kekuatan utama dari sebuah deck draft berasal dari setiap keputusan yang kamu buat saat memilih kartu untuk di-draft. Anggaplah dirimu sebagai seorang manager tim sepak bola. Kamu ditugaskan untuk memilih 11 orang yang tepat untuk memenangkan sebuah liga. Sebelas orang tersebut tentu harus bisa bersinergi satu sama lain. TIdak ada gunanya kamu memilih sebelas orang pemain sepak bola terbaik dari masing-masing liga di dunia jika mereka tidak mampu bekerjasama sebagai sebuah tim.

Hal yang sama juga berlaku ketika kamu memilih 40 kartu untuk menjadi anggota deck-mu. Kamu tidak bisa sekedar mengambil semua kartu terbaik dari setiap warna jika kamu tidak bisa memainkannya. Deck draft yang terbaik adalah deck yang sinergis, masing-masing kartu memiliki peran masing-masing, dan masing-masing kartu dapat kamu arahkan (dapat di-cast) untuk mencapai kemenangan. Inilah sebabnya, deck draft umumnya hanya terdiri dari satu atau dua warna saja.

Untuk dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih pemain, seorang manager harus melakukan riset terhadap pool pemain yang dapat ia pilih. Begitu pula dalam Draft, kamu harus mempelajari terlebih dahulu pool dari kartu yang akan kamu draft. Jika kamu nge-draft Oath-Oath-Battle, maka kamu harus mempelajari 458 kartu yang berasal dari Oath of the Gatewatch dan Battle for Zendikar. Hal ini penting supaya ketika waktunya nge-draft kamu bisa langsung tahu kartu di depan matamu dan fungsinya dengan sekali lihat.

Untuk list lengkap kartu-kartu Oath of the Gatewatch dan Battle for Zendikar, kamu dapat mengakses website resmi Wizards of the Coast atau www.mythicspoiler.com. Tapi kalau kamu merasa ter- overwhelm dengan membaca 458 kartu satu persatu, tenang, banyak pemain pro di komunitas Magic yang sudah melakukan hal tersebut dan menulis artikel tentangnya yang dapat kamu baca secara gratis di internet. Aku pribadi sangat menyukai Limited Set Review yang dilakukan oleh Luis-Scott Vargas di www.channelfireball.com.

Oke, sekarang kamu sudah mengenal kartu-kartu yang akan kamu draft dan kamu juga udah baca review-nya LSV sampai tuntas. Kamu duduk di meja draft, buka pack pertamamu, dan dihadapkan dengan lima belas kartu. Mana yang harus kamu pilih? Ibarat ujian, banyak pemain baru yang akan langsung nge-blank begitu dihadapkan pada situasi ini. Semua yang udah kamu pelajari semalaman suntuk jadi serasa percuma.

Untungnya, kali ini kita akan ngebahas rumus singkat untuk bisa nentuin pilihan dalam draft. Saking singkatnya, rumus ini cuma terdiri dari satu kata: BREAD – Bomb, Removal, Evasion, Aggro, dan Duds.

B – Bomb

Bomb adalah kartu super jago yang bisa bikin kamu langsung menang kalau lawanmu ngga punya obatnya. Semua creature berukuran bagong (stats 4/4 ke atas) bisa masuk dalam kategori bomb. Akan jadi nilai plus kalau dia bisa terbang (Linvala, the Preserver), susah di-remove (Sphinx of the Final Word), atau punya efek dahsyat begitu dipanggil (Dragonlord Atarka). Creature sebesar ini bakal menguras perhatian lawanmu karena kalau ngga segera dicari obatnya, mereka bakal mati.

Spell dengan efek masif yang bisa nge-remove banyak creature sekaligus juga bisa dianggap sebagai bomb. End Hostilites atau Planar Outburst adalah bomb secara harafiah. Begitu mereka resolve, board akan meledak dan semua creature akan mati. Selama kamu bisa mancing lawanmu buat nurunin lebih banyak creature dibandingin kamu, spell ini akan menghasilkan card advantage buatmu dan juga ngematiin creature terbaik mereka.

Beberapa spell dan creature ada yang ngga memberikan efek besar begitu mereka dimainkan. Tapi seiring waktu, mereka dapat bertumbuh jadi besar atau banyak dan mengubur lawanmu. Mereka adalah bomb, tapi mungkin lebih tepat disebut dengan time bomb. Butuh waktu beberapa saat bagi mereka untuk meledak dan membuat pusing lawanmu. Kartu kayak Citadel Siege atau Outpost Siege memang ngga ngasih efek apa-apa begitu diturunin. Tapi lama kelamaan creature-creature mu jadi gendut, tanganmu masih penuh, dan lawanmu garuk-garuk kepala.

Bomb adalah kartu paling penting dalam setiap draft. Kamu harus prioritasin bomb sebagai pick pertamamu. Rule pertama dan paling penting dalam draft: JANGAN PERNAH nge-pass bomb! (kecuali kalau ada fetchland atau expedition, lol).

R- Removal

Kalau di antara kartu-kartu yang kamu lihat ngga ada yang masuk klasifikasi bomb, hal selanjutnya yang perlu kamu cari adalah removal. Game dalam draft selalu didominasi oleh creature. Ketika dua pemain sama-sama memainkan creature dari turn 1 sampai 5, maka akan tercipta board stall, yaitu sebuah kondisi dimana creature milik kedua pemain sama-sama kuat sehingga tidak ada pemain yang mau menyerang.

Bomb adalah salah satu cara untuk memecah board stall. Dengan ukurannya yang besar, creature menjadi segan untuk mem-block bomb creature. Kalau bomb creature itu ada di pihakmu, maka kamu diuntungkan. Tapi kalau bomb creature itu ada di pihak lawanmu, maka kamu berada dalam masalah. Di saat seperti inilah kamu membutuhkan removal.

Removal yang tepat dapat menjadi obat untuk mengatasi bomb sejago apapun. Removal yang tepat bisa menghilangkan blocker ngeselin supaya pasukanmu bisa menyerang di tengah board stall. Removal yang tepat bisa nyelametin nyawamu dari lethal attack. Di sini aku menyebutnya dengan istilah ‘removal yang tepat’ karena kamu ngga bisa pake removal secara sembarangan.

Kamu bisa aja pake Oblivion Strike buat ngebunuh Baloth Pup, tapi tentunya akan lebih baik kalau kamu tahan dan pake itu removal buat ngebunuh creature yang lebih gede dan berbahaya kayak Embodiment of Fury. Idealnya, kamu ngga mau ngebunuh creature yang manacost-nya lebih rendah dari manacost removal-mu.

Removal ada banyak jenisnya. Oblivion Strike disebut premium removal karena bisa ngebunuh creature apapun tanpa syarat. Ada juga conditional removal, bisa ngebunuh creature tapi dengan syarat tertentu. Contohnya Immolating Glare yang cuma bisa ngebunuh creature yang lagi nyerang. Kartu kayak Reality Hemorrhage disebut dengan damage-based removal, mereka cuma bisa ngebunuh creature dengan toughness sama atau di bawah damage yang diberikan.

Green punya fight spell yang bisa jadi removal asalkan kamu punya creature buat berantem sama creature lawanmu. Blue biasanya ngga punya removal buat creature tapi mereka punya bounce spell untuk balikkin creature ke tangan atau deck. Counterspell juga bisa dianggep sebagai removal, mengatasi bomb sebelum dia sempet turun. Instant-Speed Pump Spell yang mengubah power/toughness di tengah combat juga dapat dikategorikan sebagai removal. Misalnya kamu nyerang dengan 2/3 dan lawan nge-block dengan 3/3, kamu bisa cast Lithomancer Focus, bikin 2/3-mu jadi 4/5 dan ngebunuh blocker lawan.

Removal dapat menjadi jawaban bagi setiap permasalahan yang dibuat lawanmu. Penggunaan removal secara tepat dapat membuatmu menang di tempat. Dengan kata lain, removal itu sama bagusnya dengan bomb, dan NGGA BOLEH di-pass kecuali ada bomb yang super jago.

E – Evasion

Setelah memiliki bomb untuk mengalahkan lawanmu dan removal untuk mengalahkan bomb lawanmu, sekaranglah waktunya untuk merekrut pasukan. Dalam setiap pasukan, tentu terdapat kasta. Sebagai contoh, pasukan berkuda memiliki nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan denga foot soldier. Sebab pasukan berkuda dapat menggilas foot soldier lawan dan menyerang langsung ke jantung pertahanan mereka. Dalam game draft, pasukan berkuda ini adalah Evasive Creature.

Evasive Creature adalah creature yang dapat melewati blokade lawan dan menyerang langsung life point mereka. Kemampuan ini disebut dengan evasion. Flying adalah bentuk evasion yang paling umum ditemui dalam draft. Creature dengan flying mampu menyerang dari udara sehingga tidak dapat dihentikan oleh mayoritas creature yang bermukim di darat.

Unblockable berada setingkat di atas Flying karena mereka sama sekali tidak dapat dihentikan oleh creature apapun. Creature dengan Menace akan membuat pusing lawanmu karena mereka harus di-block oleh dua creature. Terakhir, creature dengan Trample, kendati masih bisa di-block, tetapi dapat memberikan ekses damage kepada lawanmu.

Semua creature dengan kemampuan di atas adalah pilihan yang baik untuk melengkapi pasukanmu sebab mereka dapat mengatasi persoalan board stall yang pasti akan terjadi di setiap game draft. Dengan demikian, kamu harus lebih memprioritaskan creature dengan evasion daripada yang tidak.

A – Aggro

Setelah merekrut pasukan berkuda, kini tiba saatnya untuk merekrut para foot soldier. Kartu seperti Oran-Rief Invoker (2/2), Affa Protector (1/4), dan Incubator Drone (2/3) mungkin bukanlah kartu yang paling seru buat dimainin, tapi kamu tetap butuh mereka buat ngelengkapin sisa deck-mu (deck draft harus minimal 40, biasanya terdiri dari 16 creature, 7 spell, dan 17 land).

Lebih penting lagi, kamu butuh mereka supaya kamu bisa mainin creature setiap turn, dan menghadirkan tekanan buat lawanmu yang terus meningkat setiap turn-nya. Inilah yang disebut dengan aggro: turn 1 nurunin 1/1, turn 2 nurunin 2/2, turn 3 nurunin 2/3, turn 4 nurunin 3/4, turn 5 nurunin 4/4, dan seterusnya. Deck draft yang bagus biasanya banyak diisi sama creature dengan mana cost 2, 3, dan 4, tujuannya buat menjamin kamu punya sesuatu buat dimainin di turn-turn awal.

Kalau kamu ngga punya creature buat dimainin di turn awal, kamu bisa dibabat habis sama lawanmu yang bermain agresif. Akibatnya, nyawamu tinggal 5 di turn 6 dan bomb flyer-mu ngga akan bisa nyerang karena harus dipake buat bertahan. Kamu ngga mau berada di posisi seperti ini.

D – Duds

Selain tahu kartu yang harus kamu pick, kamu juga harus tahu kartu yang ngga boleh buat di-pick. Duds adalah kartu sampah. Mereka adalah creature dengan stats busuk (Kitesail Scout, Defiant Ogre) atau spell dengan efek ngga penting (Prism Array, Tainted Remedy). Duds akan kamu temui di pick ke-11 sampai 15 dan akan kamu ambil cuma karena kamu harus ambil. JANGAN PERNAH memilih duds di awal-awal draft karena mereka sama sekali ngga berharga.

Beberapa duds ada yang berguna pada situasi tertentu, misalnya Plummet yang bisa ngebunuh creature dengan Flying atau Naturalize yang bisa destroy enchantment/artifact. Duds semacam ini akan berguna sebagai sideboard yang dapat kamu masukkan untuk matchup-matchup tertentu.

Sehelai Roti Penutup Sekarang kamu sudah tahu rumus singkat untuk menentukan pick dalam draft. Bomb memiliki kedudukan tertinggi karena ia adalah kartu yang bisa memberikanmu kemenangan. Removal sama pentingnya dengan bomb karena dia mampu mencegah lawanmu menang. Evasive creature lebih penting daripada creature biasa karena bisa mengatasi board stall. Akan tetapi, creature biasa tetap penting untuk mengisi deck-mu dan melakukan agresi. Duds layak dikenal supaya kamu tidak sampai salah memilihnya di awal draft.

Layaknya rumus singkat pada umumnya, BREAD tidak berlaku untuk setiap situasi. Semakin sering kamu nge-draft, kamu akan menyadari bahwa ada kalanya memilih removal jadi jauh lebih penting daripada memilih flyer bagong. Pengalaman akan membantumu untuk menjadi drafter yang baik, tapi untuk sementara, kalau kamu kebingungan untuk menentukan pick, ingatlah BREAD.

03 Maret 2016 | Author by: Gema Bastari